YOGA

Yoga (Aksara Dewanagari योग) dari bahasa Sansekerta (योग) berarti "penyatuan", yang bermakna "penyatuan dengan alam" atau "penyatuan dengan Sang Pencipta". Yoga merupakan salah satu dari enam ajaran dalam filsafat Hindu, yang menitikberatkan pada aktivitas meditasitapa di mana seseorang memusatkan seluruh pikiran untuk mengontrol panca inderanyaasana (postur) bagian dari Hatta Yoga. Yoga juga digunakan sebagai salah satu pengobatan alternatif, biasanya hal ini dilakukan dengan latihan pernapasan, oleh tubuh dan meditasi, yang telah dikenal dan dipraktekkan selama lebih dari 5000 tahun. (www.wikipedia.com).

YOGA merupakan olah raga yang menurut saya simple tetapi cukup berat dan melelahkan apalagi bagi yang baru pertama kali melakukan YOGA, sebaiknya melatih pernapasan dan tidak melakukan gerakan yang sulit terlebih dahulu. Pengalaman saya mencoba YOGA pertama kali adalah bersama sahabat saya ullan, kami mengikuti kelas YOGA didaerah Antapani Bandung selama 1 jam. Berat bagi saya untuk melakukan YOGA untuk pertama kali, karena p
ada waktu itu postur tubuh saya besar dan jarang melakukan olah raga, dan akibatnya saya kelelahan dan tidak dapat menyelesaikan gerakan. Tetapi dengan selalu melatih metabolisme tubuh dengan rutin berolah raga dan mengkonsumsi makanan yang sehat, dapat meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh. Alasan saya melakukan YOGA karena saya merasakan relax dan tenang setelah melakukannya. Tentunya dapat melenturkan beberapa otot yang jarang bergerak.
Ternyata kalori yang dibakar ketika melakukan YOGA cukup besar juga dan sama dengan melakukan olah raga yang berat juga lho... tetapi ditentukan dengan bedasarkan jenis YOGA yang kita lakukan. Berikut beberapa Informasi mengenai kalori dan jenis YOGAYoga Hatha
Merupakan YOGA yang ringan dan lembut, bentuk paling umum yang berfokus pada postur dasar yang mengalir masuk dan keluar dengan penekanan pada teknik pernapasan. Hatha YOGA adalah apa yang kebanyakan orang di Barat asosiasi dengan kata "YOGA" dan dipraktekkan untuk kesehatan mental dan fisik.

Kalori yang terbakar dalam Hatha YOGA: 175 cal/hours
Sama seperti melakukan jogging

YOGA Ashtanga
Delapan anggota badan connoted oleh kata 'Ashtanga' merujuk secara khusus untuk delapan praktek spiritual yang digariskan oleh Sutra YOGA , YOGA teks asli yang sama relevan hari ini seperti ketika pertama terdiri. 'Ashtanga' dapat terdiri dari seri 6 set, masing-masing meningkat dengan lebih banyak kesulitan. Hal ini biasanya dikombinasikan atau disebut sebagai Ashtanga Vinyasa YOGA

Kalori yang terbakar dalam Ashtanga YOGA: 300 cal/hours
Sama seperti jalan cepat
POWER YOGA
Sebuah versi orang Amerika mengenai Ashtanga Vinyasa yang mengintensifkan pose dengan bergerak lebih cepat antara satu pose yang lain. Power YOGA juga dapat merujuk ke versi singkat dari kelas Yoga. yaitu kelas 45 menit versus kelas 60 atau 90 menit tetapi imbalan tersebut tampaknya sama karena kelas kecepatan dipercepat.
Kalori yang terbakar di Power Yoga: 300 cal/hours
Sama seperti jalan cepat

YOGA Vinyasa
Bentuk dinamis YOGA yang menghubungkan postur dan menciptakan arus antara postur YOGA tradisional. The 'aliran Vinyasa' digunakan terutama pada rangkaian Penghormatan Ming

Kalori yang terbakar di Vinyasa YOGA : 445 cal/hours
Sama seperti: sedang mengendarai sepeda selama satu jam

Bikram dan HOT YOGA
Bikram Yoga adalah idealnya dilakukan di ruangan dipanaskan sampai 105 ° F (40,5 ° C) dengan kelembaban 40%. Kelas mencakup 26 postur, dipandu oleh dialog spesifik dan teknik bernapas.

Kalori yang terbakar di Bikram atau Hot YOGA
630 cal/Hours
sama dengan melakukan Jogging 1 jam

Nah... tertarik melakukan YOGA, selain bagus untuk kesehatan ada beberapa manfaat dari melakukan YOGA:
atau dan tubuhnya secara keseluruhan. Masyarakat global umumnya mengenal Yoga sebagai aktivitas latihan utamanya
  1. Melenturkan badan dan membakar kalori
  2. menghilangkan dan meringankan strees dengan adanya proses meditasi dan memusatkan pikiran
  3. Manfaat fisik: Membuat tubuh kencang, fleksibel, dan kuat. Meningkatkan respirasi, energi, dan vitalitas. Membantu menjaga metabolisme seimbang. Mempromosikan cardio dan kesehatan peredaran darah. Mengurangi rasa sakit. Membantu Anda terlihat dan merasa lebih muda dari usia Anda. Meningkatkan kinerja atletik Anda.
  4. Manfaat mental: Membantu Anda rileks dan menangani situasi stres lebih mudah. Mengajarkan Anda bagaimana untuk menenangkan pikiran sehingga Anda dapat memfokuskan energi Anda di mana Anda ingin pergi - ke pose yoga yang sulit, di lapangan tenis atau lapangan golf, atau di kantor. Mendorong pikiran positif dan penerimaan diri.
  5. Manfaat spiritual: Membangun kesadaran tubuh Anda, perasaan Anda, dunia di sekitar Anda, kebutuhan orang lain. Mempromosikan suatu saling ketergantungan antara pikiran, tubuh, dan roh.
Semoga informasi diatas bermanfaat untuk bagi anda yang ingin memulai melakukan YOGA, tidak ada salahnya mencoba sesuatu yang baru apalgi menyehatkan pikiran dan tubuh anda. Sekali lagi bagi yang pertama kali ingat yah jangan terlalu diforsir, karena ada beberapa gerakan dan latihan yang membutuhkan teknik dan proses. good luck ...

Back to Top